Aktivasi Windows untuk Dosen & Tendik dengan KMS

Cara aktivasi ini hanyalah diperuntukkan bagi dosen dan karyawan ITS. Untuk aktivasi Windows bagi mahasiswa, silahkan akses melalui Microsoft Imagine.

Informasi

ITS memiliki kerjasama dengan Microsoft. Tipe kerjasama antara Microsoft dan ITS tahun 2016 ini yakni Campus and School Agreement + Microsoft Enrollment For Education Solution (CSA+EES) dimana seluruh faculty member (dosen dan karyawan) akan diberikan lisensi penuh untuk menggunakan produk Windows dan Office (baik desktop maupun online). Dengan kerjasama ini, implikasinya, seluruh mahasiswa juga mendapatkan akses secara gratis ke Windows dan juga software Microsoft melalui Microsoft Imagine.

Setiap dosen dan karyawan berhak mengaktivasi sistem operasi Windows dari semua device yang dimilikinya, selama device tersebut mendukung aktivitas/pekerjaan dosen dan Tendik di ITS.

Windows yg Dilanggan ITS & How to Download

Ada berbagai versi Windows yang dilanggan oleh ITS, yakni:

  • Windows Education
  • Windows Enterprise
  • Windows Pro/Professional (untuk dosen dan tendik, disarankan menggunakan versi ini)
  • Windows Mobile Enterprise

Silahkan akses unduh.its.ac.id (portal Software Berlisensi ITS) untuk dapat mendownload Windows, Office dan software berlisensi lain.

Daftar software Microsoft yang dilanggan ITS dapat diakses di halaman “Daftar Produk Microsoft untuk ITS” (soon). Silahkan kontak DTSI apabila membutuhkan software yang ada dalam daftar tersebut tetapi tidak ditemukan di unduh.its.ac.id.

Langkah aktivasi Windows Professional bagi dosen & karyawan dengan KMS

Aktivasi Windows dapat dilakukan secara manual oleh dosen dan karyawan sendiri, tanpa harus mengontak tim teknisi software di DTSI ITS. Hal ini karena aktivasi Windows di ITS telah menggunakan KMS (Key Management Service) yang memungkinkan komputer dosen/karyawan sebagai client berkomunikasi dengan KMS host di local server DTSI.

Langkah aktivasi ini dapat dilakukan untuk mengaktivasi Windows 10, versi Windows di bawah Windows 10 (Windows 8, Windows 7), Windows Server 2012 dan versi di bawahnya.

Langkah aktivasi adalah sebagai berikut:

(1) Go to portal aplikasi di Integra melalui: integra.its.ac.id/app.php

(2) Klik kunjungi “Aktivasi Produk Microsoft”

(3) Anda akan diredirect ke halaman login integra. Masukkan username & password Anda.

(4) Anda lalu akan masuk ke halaman “Aplikasi Aktivasi Windows ITS”. Pilih menu aktivasi sesuai dengan versi Windows Anda.

Jika langkah benar dan tidak ada error, maka seharusnya Windows Anda telah teraktivasi.

Pengecekan status aktivasi

Untuk mengecek status aktivasi, jalankan slmgr.vbs /xpr pada command prompt.

Anda lalu akan mendapatkan informasi mengenai expiry date dari aktivasi. Secara default, aktivasi model KMS ini akan menampilkan expiry date 6 bulan setelah Anda aktivasi. Artinya, produk akan aktif selama 180 hari.

Setiap minggu, mesin user akan meminta untuk connect ke local server KMS. Jika berhasil, maka akan mereset waktu aktivasi menjadi 180 hari ke depan lagi. Dengan demikian, sebelum 180 hari berakhir, maka user diharuskan connect ke KMS local server dengan menjalankan ulang script di atas (di langkah aktivasi).

Menemukan error

Apabila ada error dalam aktivasi, silahkan kontak DTSI melalui umpanbalik.its.ac.id dengan subject “Error aktivasi windows dengan KMS”. Akan sangat membantu jika Anda mencantumkan screenshot dari error yang dialami serta mencantumkan beberapa informasi dari hasil running command prompt berikut ini.

Dari command prompt pada direktor C:\WINDOWS\system32 :

  1. Jalankan slmgr.vbs -dli
  2. Jalankan net config wksta
  3. Jalankan ipconfig

Download Panduan Aktivasi Windows dengan KMS (PDF)

Link Lain yang Terkait (coming soon)

Aktivasi Office 365 untuk Dosen, Karyawan dan Mahasiswa ITS
ITS Office 365 untuk Dosen dan Karyawan: untuk kolaborasi yang lebih baik
Microsoft Imagine : Portal software Microsoft untuk Dosen, Tendik Mahasiswa, Lab dan Peneliti (Dosen) ITS